Rabu, 23 November 2011

BEE POLLEN

By Arief Fahrurriza


Pollen (tepung sari) menyerupai debu yang akan menempel pada seluruh permukaan tubuh lebah, pada saat lebah hinggap di bunga kaki lebah di desain untuk membersihkannya dari seluruh tubuh. pollen dikumpulkan oleh lebah pekerja dan disimpan dalam sel-sel yang berisi larva, inilah yang kemudian dikenal dengan bee pollen. Bee Pollen banyak mengandung protein dan vitamin. Khasiat bee pollen hamper sama dengan Royal jelly terutama sebagai detosifikasi racun dan bahan kimia berbahaya dari dalam tubuh. Kombinasi bee pollen dengan madu alami digunakan untuk mengobati hipertonik karena mengandung vitamin A, B,C,D dan E, Betakaroten dan kalsium, selain itu kandungan magnesium dan selenium yang tinggi berguna untuk mencegah pendarahan pada otak, melindungi selaput mata, dan melindungi selaput jantung.
                Kandungan-kandungan dalam Pollen sangat baik bagi penderita kolesterol tinggi karena menormalkan kandungan kolesterol, selain itu Karotenoid, lycopene, crocetin dan flavoid  dalam pollen berfungsi menangkal radikal bebas. Bee pollen juga terbukti dapat melawan proses radiasi dan polusi lingkungan yang menurunkan immunitas. Steve Schecter seorang ahli naturapati Amerika menyatakan bahwa bee pollen dapat mengurangi efek tak nyaman dari terapi radiasi pada wanita penderita kanker. Dengan mengkonsumsi 20gr (2 sendok teh) pollen 3X sehari, para wanita mengalami perbaikan nafsu makan dan jarang muntah seperti yang biasa terjadi setelah terapi radiasi.
                Ahli ksehatan lain dari The American Aphitherapy  Society  James Higgins menyatakan bahwa bee pollen di konsumsi oleh para atlet olimpiade karena bisa memberikan energy ekstra dan penampilan lebih baik saat marathon. Para atlet tersebut tidak merasa kelelahan pada keesokan harinya. Pollen banyak dijual dalam bentuk serbuk halus, butiran halus, dan biasadi konsumsi dengan madu alami,http://ma-dualami.blogspot.com/2011/10/fakta-tentang-madu-alami.html roti, dll. Konsumsi yang dianjurkan adalah 1-2 sendok teh setiap hari.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar