Rabu, 26 Oktober 2011

FAKTA TENTANG MADU ALAMI


 
                Mengapa madu alami?? hal ini factor utama penyebab masyarakat mulai enggan mnggunakan obat-obatan konvensional adalah karena belakangan dalam dunia medis, timbul kecenderungan dalam masyarakat untuk kembali kepada pengobatan dengan metode herbal, hal ini di latar belakangi oleh meningkatnya tingkat pengetahuan masyarakat mengenai efek samping dari obat-obatan konvensional yang cenderung berlebihan dibandingkan dengan manfaat (indikasi) dari obat itu sendiri. Penggunaan obat konvensional memang diakui memiliki efek menyembuhkan yang lebih cepat terhadap gejala penyakit yang di indikasikan, akan tetapi penggunaan yang terus menerus dalam jangka panjang dapat menimbulkan efek samping yang sangat fatal bagi tubuh si penderita. Contohnya penggunaan paracetamol. Dalam jangka pendek penggunaannya terbukti efektif sebagai  obat penurun panas, demam dan sakit kepala, akan tetapi dalam jangka panjang ternyata menyimpan bahaya yang cukup besar yakni dapat menurunkan fungsi paru-paru. Padahal hampir setiap obat sakit kepala dan demam yang dijual bebas di pasaran pasti mengandung parasetamol.

                Di sisi lain, Di ranah pengobatan konvensional, sebagian tenaga kesehatannya melupakan etika dan nilai luhur profesi sehingga terjebak dalam jerat bisnis kesehatan tanpa etika. Selain itu, oknum pengusaha obatnya kehilangan nurani ketika memproduksi jamu dengan bahan kimia illegal yang bisa membahayakan.
Dan banyak sekali dijumpai praktek-praktek kotor berupa perjanjian yang dilakukan oknum-oknum tenaga kesehatan dengan distributor obat konvensional demi mendongkrak penjualan merk-merk obat tertentu, sehingga dengan adanya praktek seperti ini, tentu yang dirugikan adalah tentu si pasien yang dating berobat, karena dokternya merekomendasikan obat yang tidak sesuai dengan indikasi penyakitnya, ataupun merekomendasikan obat dari distributor tertentu yang harganya jauh dari jangkauan si pasien.

                Dua hal di ataslah yang member andil besar dari perilaku masyarakat untuk kembali kepada pengobatan herbal. Keuntungan Obat-obatan herbal dianggap minim efek samping bahkan nyaris tanpa efek samping, dan dari segi harga cenderung lebih terjangkau untuk semua lapisan masyarakat.




Salah satu obat herbal yang di rekomendasikan adalah Madu Alami, madu alami adalah zat manis alami yang dihasilkan lebah dari bahan baku nektar bunga dan sumber energi serta bahan yang diubah menjadi lemak dan glikogen.  Selain madu alami banyak manfaat yang bisa diambil dari lebah yang memiliki nilai ekonomis tinggi, produk lebah tersebut diantaranya :




1.       Madu alami
2.       Royal Jelly
3.       Tepung sari (Bee Polen)
4.       Lem Lebah (Propolis)
5.       Malam Lebah
6.       Bisa Lebah (Beevenom)
7.       Pupa
8.       Sarang lebah
9.       Penyerbukan (Polinasi)


                Secara umum banyak keuntungan yang kita dapat ketika kita mengkonsumsi madu alami, manfaat madu alami dapat kita rasakan dalam jangka panjang bagi tubuh kita. Sehingga banyak sekali referensi yang menganjurkan kita untuk mengkonsumsi madu alami 2 sendok makan tiap hari.

                Namun kita harus waspada karena tidak semua madu yang beredar di pasaran adalah madu alami. Banyak oknum-oknum nakal yang bertindak curang dengan cara mencampurkan madu alami dengan zat zat tambahan seperti gula atau bahkan pemanis buatan demi menambah kuantitas volume madu yang dijual. Tindakan ini selain mengurangi khasiat dan kualitas dari madu alami juga adakalanya juga merugikan kesehatan bagi mengkonsumsinya. Oleh karena itulah konsumen harus jeli dalam membeli, diperlukan pengetahuan untuk mengetahui  ciri-ciri madu alami agar mendapatkan manfaat yang maksimal dari mengkonsumsinya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar