Rabu, 23 November 2011

MALAM LEBAH (Bee Swax)

By Arief Fahruriza


Malam lebah adalah penutup madu dan royal jelly, dalam dunia farmasi, berguna untuk membuat plester atau kain pembalut, obat-obatan luar, industry batik, sepatu, krayon, dsb. Malam lebah yang dihasilkan oleh lebah pekeja tidak dibuat dari bunga, akan tetapi di buat dalam kelenjar yang terletak di bagian bawah perut lebah dengan meminum madu alami dan memakan tepung sari yan banyak. Malam lebah dihasilkan oleh lebah pekerja yang berusia lebih dari 12 hari, warna malam lebah antara lain kuning, putih, jingga, bahkan juga hitam. Bangsa mesir kuno mnggunakan malam lebah untuk mengawetkan mayat. Dewasa ini penggunaan malam lebah lebih meluas, seperti pada industri kabel sebagai penambah daya isolator, serta berbagai formula kecantikan seperti krim wajah, lipstick, lotion, serta cairan pembersih wajah, selain itu malam lebah banyak digunakan pada industri pembuatan lilin, hal ini karena lilin yang terbuat dari malam lebah mempunyai kelebihan, yaitu terbakarnya lambat, tidak mengeluarkan asap, dan mengeluarkan aroma yang sedap.
                Malam lebah diperoleh ketika pelepasan tutup madu, dimana tiap 43,5kg madu terdapat  0,453kg-0,906kg malam lebah. Dengan titik lebur yang rendah dan padat jenisnya, malam mudah dipisahdari madu dan benda-benda asing. Setelah madu mentah disaring dari sarang lebah, dengan memanaskan sisanya antara 60°C-71°C akan membuat malam mengapung diatas permukaan sisa madu alami, dan setelah didinginkan malam akan mudah diperoleh. Karena madu alami maupun malam madu dapat rusak oleh pemanasan berlebih, pengontrolan temperatur peralatan yang tepat sangat dibutuhkan, hal ini karena malam lebah dapat rusak apabila dipanaskan pada suhu lebIh dari 85°C.
                Pengambilan cairan malam dapat disaring menggunakan spon, lalu di tuang pada cetakan, benda-benda asing seperti kotoran, debu, dan resin akan mengendap di bawah cetakan sebagai residu, untuk menghasilkan olahan malam lebah yang berkualitas tinggi, residu tadi harus dibuang.  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar