Selasa, 01 November 2011

ROYAL JELLY


Royal jelly adalah sejenis madu alami yang berupa cairan kental berwarna kuning atau putih yang merupakan makanan utama dari ratu lebah dan lebah bayi yang akan menjadi ratu lebah, berbeda dengan madu alami biasa yang dikonsumsi lebah jantan dan lebah pekerja, royal jelly membuat pertumbuhan badan ratu lebah menjadi lebih cepat dan kuat, seperti bentuk badan dan ukurannya menjadi 2 kali lebih besar  serta umurnya menjadi 30 kali lebih panjang daripada lebah jantan dan lebah pekerja.
                Dikalangan masyarakat royal jeli digunakan sebagai pengobatan penyakit eksim, penyakit kulit, dan radang kulit. Selain itu royal jeli digunakan untuk menambah selera makan, menambah daya ingat, mengobati diabetes, bahkan mampu mengatasi kemandulan. Royal jelly juga mempercepat pembentukan sel-sel tubuh. Royal jelly dipercaya memiliki khasiat unik untuk kegiatan seksual, hal ini dikaitkan dengan daya tahan lebah ratu yang kuat ketika melakukan pekawinan dengan lebah jantan dan kemampuannya memproduksi telur yang sangat banyak.
                Royal jelly mengandung air, protein (yang terdiri atas 17 asam amino esensial dan non esensial), lemak, glukosa, fruktosa, vitamin A, vitamin B KOMPLEKS, C, D, K, mineral. Kandungan penting lainnya adalah kolagen. Seperti Bee pollen, Royal jelly juga dapat menurunkan kolesterol dan tekanan darah. Hasil penelitian di Cina tahun 1995 membuktikan bahwa royal jelly dapat menurunkan kadar LDL (Kolesterol jahat) dan meningkatkan kadar HDL (kolesterol baik).
                Methyl p-hydroxybenzoat dalam Royal jelly berfungsi sebagai antioksidan pencegah dari proses penuaan dan kanker. Elatin yang tekandung dalam royal jelly juga dipercaya mencegah proses penuaan yang membantu tetap muda dan sehat. Kandungan vitamin A, C dan E dalam Royal jelly bekerja secara sinergis dengan karetonoid  untuk mencegah kerusakan kulit yang disebabkan oleh bahan kimia dan sinar matahari sehingga mampu menurunkan resiko kanker kulit.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar